Jatuh Cinta Dengan Rekan Kerja (Cinlok), Harus Bagaimana? - Barometer Lampung

Terdepan dalam informasi

Powered by Blogger.

Jatuh Cinta Dengan Rekan Kerja (Cinlok), Harus Bagaimana?

Jatuh cinta sesama teman satu memang tidak dilarang, namun ...
Timbulnya rasa cinta pada seseorang memang seolah tidak mengenal waktu dan tempat. Rasa cinta bisa hadir tiba-tiba dalam kehidupan Anda, tidak terkecuali di lingkungan tempat kerja Anda. Benih-benih cinta dengan teman sekantor sangat besar kemungkinan bisa terjadi, karena frekuensi pertemuan yang tinggi, persamaan visi misi, rasa nyaman dan kecocokan satu sama lain.

Sebenarnya tak ada yang menyalahkan jika Anda tiba-tiba jatuh cinta pada teman sekantor. Dan tak sedikit pula memang, pasangan yang berhasil menunjukkan kekuatan dan mempertahankan cinta mereka, dari bertemu di lokasi kerja hingga menikah dan bahkan mempunyai anak. Namun, tak sedikit juga yang menyesal karena jatuh cinta dengan teman sekantor. Berikut ini beberapa kemungkinan dan risiko yang bisa terjadi apabila Anda berpacaran dengan rekan kerja.

Susah Bersikap Profesional

Jika cinta sudah berbenturan dengan dunia kerja, maka akan terasa sulit untuk memisahkan antara profesionalisme antara rekan kerja dengan perasan cinta terhadap pasangan. Ada anggapan bahwa cinta itu buta dan dalam hal ini bisa membutakan sikap profesional kerja dari seseorang. Anda mungkin akan serba  salah untuk bersikap, pastinya sikap yang Anda tunjukkan berbeda kepada pasangan dibandingkan kepada teman kerja lainnya dan kesannya jadi lebih membela dirinya. Di sisi lain, jika Anda bersikap terlalu profesional mungkin nanti hubungan Anda malah jadi retak atau bahkan putus di tengah jalan.

Tekanan Pekerjaan

Jika Anda bekerja di perusahaan yang tekanan pekerjaannya tinggi, maka ada kemungkinan Anda akan merasakan tekanan tersebut menjadi lebih tinggi lagi. Di samping memikirkan pekerjaan, tentu saja Anda akan memikirkan tentang cara menjaga hubungan atau menjaga etika profesionalisme kerja dengan teman sekantor yang lain. Selain itu, jika tiba-tiba Anda mengalami pertengkaran dengan pasangan, Anda akan berusaha memendam dan menunggu saat yang tepat sehabis jam kerja untuk membahas permasalahan yang dihadapi.

Pasaran Turun

Anda pasti sudahfamiliardengan istilah pasaran turun, atau  setidaknya pernah mendengar sebelumnya. Banyak anggapan bahwa berpacaran dengan teman sekantor dapat membuat pasaran seseorang jadi turun. Hal ini dikarenakan ruang gerak Anda akan sangat terbatas dan setiap hari kerja Anda harus berkutat dengan orang yang itu-itu saja kalau berpacaran dengan rekan kerja, apalagi jika berada pada satu divisi sehingga akan membuat intensitas pertemuan lebih tinggi. Selain itu, Anda juga mungkin akan lebih berhati-hati serta bersikap protektif atau agak menutup diri sendiri agar tidak didekati pria/wanita lain di lingkungan kantor. Padahal sebenarnya belum tentu juga Anda akan jadi pasangannya.

Gosip

Kebersamaan yang Anda tunjukkan bisa menjadi bahan gosip yang akan selalu hangat untuk dibicarakan oleh sesama teman kerja. Bayangkan saja saat pagi hari Anda berangkat dan masuk kerja bersama, makan siang bersama dan pulang kerja pun pasti bersama. Dan penting untuk diingat bahwa ketika Anda memutuskan untuk berpacaran dengan rekan kerja, maka bukan hal yang tidak mungkin jika selamanya Anda dan pasangan akan jadi bahan pembicaraan atau gosip abadi buat rekan sekantor.

Kemesraan

Karyawan yang punya pacar sekantor juga disarankan untuk tidak terang-terangan pamer kemesraan di depan rekan kerja yang lain. Hal ini bisa membuat rekan sekantor merasa tak nyaman dengan kemesraan Anda.

Reputasi Terancam

Apabila hubungan percintaan Anda di masa mendatang tetap langgeng dan baik-baik saja, reputasi Anda di mata perusahaan dan teman kantor tentunya akan selamat. Namun apabila ada masalah-masalah besar dan malah hubungan Anda putus di tengah jalan, maka tak ada jaminan reputasi Anda akan tetap baik terutama jika pasangan malah mengumbar kejelekan dan rahasia hidup Anda setelah putus.

Mental Saat Putus

Setelah putus hubungan, tentunya Anda akan bertemu dia terus dan merasakan situasi yang tidak nyaman ketika masih harus bertemu setiap harinya. Ada kemungkinan Anda akan merasa tertekan bahkan depresi dan menjadi kurang fokus terhadap pekerjaan. Kalau memang Anda berusaha menghindari dan berpindah ke lain hati, ini akan menjadi tantangan bagi Anda sendiri, karena ia pasti berusaha meminta balikan dan menjadi kekasih Anda.

Rentan Konflik

Intensitas pertemuan yang sangat tinggi terkadang bisa memicu rasa bosan melanda Anda dan pasangan. Lebih jauh lagi malah menurunkan kadar kerinduan Anda terhadap pasangan. Hal ini bisa membuat permasalahan yang sepele berubah menjadi masalah besar dan merenggangkan hubungan cinta Anda berdua.

Sanksi

Secara umum, semua kantor atau perusahaan memiliki aturan yang tidak membolehkan karyawan untuk berpacaran atau berhubungan dekat. Jika perusahaan tempat Anda bekerja sekarang memiliki kebijakan ini, maka lihat dan pikir-pikir lebih jauh sanksi-sanksinya. Jika ternyata risikonya memang dipecat sebaiknya Anda mencari pacar di luar kantor. Atau jika aturan kantor melarang hubungan ini, berarti salah satu dari Anda harus mengundurkan diri dari perusahaan.

0 Komentar untuk "Jatuh Cinta Dengan Rekan Kerja (Cinlok), Harus Bagaimana?"

Back To Top