Kebutuhan Meningkat, Harga Cabai Naik - Barometer Lampung

Terdepan dalam informasi

Powered by Blogger.

Kebutuhan Meningkat, Harga Cabai Naik

TANGGAMUS, Pasokan cabai merah di pasaran Tanggamus tiba - tiba langka. Dampaknya harga pun naik jadi Rp. 30.000,- Per Kg, dari Rp. 20.000,- Per Kg. Selama

Selama ini, sebenarnya untuk Kabupaten Tanggamus, pasokan cabai sudah turun beberapa pekan lalu karena musim panen berakhir. Kemudian menerima pasokan cabai dari Lampung Barat dalam jumlah banyak sehingga harga masih tetap normal kisaran Rp. 25.000 per kg. kondisi erupa juga terjadi pada cabai rawit yang naik drastis jadi Rp. 30.000,- dari Rp. 20.000,- per kg. "Sekarang cabai merah naik harganya, sebab barangnya sudah sulit, Kalau yang masih panen sebenarnya Lampung Barat, tapi sekarang barangnya mulai sedikit. Mungkin di sana juga permintaan banya akhirnya tidak dikirim ke Tanggamus," ujar parti, pedagang sayur di Pasar Gisting, Senin (8/5).

Ia mengaku, memang saat ini permintaan atau pembelian oleh masyarakat untuk kebutuhan pokok setang tinggi. Hal itu karena banyak masyarakat menggelar hajatan. Prediksinya kondisi itu akan terus terjadi hingga bulan puasa. Sedangkan beberapa jenis sayuran tidak memasuki masa panen sehingga stok terbatas. Sehingga harga pun bertahan dari pekan lalu bahkan naik. "untuk harga sayuran yang naik yakni terong dengan harga Rp. 5 ribu dari Rp 4 ribu per kilogram, rampai jadi Rp. 6 ribu dari 5 ribu per kilogram, kol Rp. 7 ribu dari Rp. 6 ribu per kilogram, kentang Rp 6.500 dari 5 ribu per kilogram, wortel Rp. 5 ribu dari Rp 4 ribu per kilogram, bayam dan kangkung Rp. 1000 dari 500 per satu ikat, kacang panjang dadi Rp. 2.500 dari Rp 2 ribu per kilogram. " papar Parti.

Kemudian untuk jenis sayuran yang bertahan yakni pada komoditas bawang merah yang tetap pada harga Rp 32 ribu perkilogram sejak satu pekan lalu, bawang putih Rp. 18 ribu per kilogram, kelapa Rp. 5 ribu per dua buah, buncis Rp. 7 ribu per kilogram, tomat Rp. 3 ribu per kilogram, sawi Rp 4 ribu per kilogram, timun Rp 4 ribu per kilogram dan kacang tanah Rp 22 ribu per kilogram. Sedangkan harga labu turun menjadi Rp. 2.500,- dari Rp 4 ribu per kilogram. 

Untuk harga bahan pokok non sayuran yang mengalami kenaikan, yakni gula pasi jadi Rp. 12.500,- Per kilogram, da minyak goreng curah jadi Rp 11 ribu dari harga semula Rp. 10.500 per kilogram. Selain itu harga tetap seperti telur ayam ras Rp 22 ribu per kilogram, beras asalan Rp 8 ribu per kilogram, tepung terigu Rp 6.500 per kilogram, tepung aci Rp 7.500 per kilogram, mentega Rp 4 ribu per sachet merek termurah.
0 Komentar untuk "Kebutuhan Meningkat, Harga Cabai Naik"

Back To Top