Arus Balik Lebaran, Penumpang Pejalan Kaki Membludak - Barometer Lampung

Terdepan dalam informasi

Powered by Blogger.

Arus Balik Lebaran, Penumpang Pejalan Kaki Membludak

Pemudik pejalan kaki membludak di Pelabuhan Bakuheni Lampungakibat jumlah kedatangan calon penumpang kapal terus berdatangan, sehingga penumpangpun tertahan dan menumpuk di tiap dermaga sebelum kapal dating, untuk mengurai penumpukan tersebut, pihak pelabuhan memprioritaskan Dermaga 3 yang biasa disinggahi kapal ukuran besar agar penumpang dapat terangkut semua.

Ribuan penumpang yang akan menyebrang ke pulau Jawa  terpaksa mengantri untuk mendapatkan tiket kapal Roro, tak hanya itu, untuk menuju kapal, penumpang harus rela berdesakan di gangway dermaga 1, dermaga  2  dan 3 Pelabuhan Bakauheni.
Meski pihak pelabuhan Bakauhnei maupun Merak  telah mempercepat 30 menit waktu tempuh perjalanan kapal dari hari biasa, namun lonjakan arus balik khusus pejalan kaki terus mengalir tanpa henti, sehingga sebelum kapal roro sandar  pemudik telah memadati gangway.

Pada umumnya lonjakan arus balik pada hari ini karena tanggal 22 dan 23 juli  telah memasuki hari kerja, pemudik memilih hari  ini untuk pulang,  agar dapat beraktifitas seperti biasa dengan kondisi stamina tubuh yang lebih frehs.  

Antrian panjang di tiap gangway ini mulai terjadi sejak pukul 10.00 WIB, aktifitas petugas pelabuhan pun lebih sibuk, untuk mengantisipasi penumpukan penumpang yang lebih banyak, ASDP Pelabuhan Bakauheni memprioritakan penumpang pejalan kaki untuk ke dermaga 3 yang biasa disinggahi kapal dengan ukuran besar.

Dengan harapan seluruh penumpang dapat terangkut semua, sementara pada hari ini sebanyak 28 kapal yang memiliki daya kapasitas angkut yang besar di operasikan dengan target  minimal 100 trip.

Manager Oprasional ASDP Pelabuhan Bakauheni,  Heru Purwanto mengatakan, pada arus balik hari ini  sekitar 30 hingga 40 ribu pemudik dari pulau Sumatera bakal disebrangkan ke pulau Jawa, tentunya hal ini akan menguras tenaga para petugas pelabuhan bakauhnei dalam memberikan pelayanan, sebab masih terdapat pemudik yang berjumlah ratusan ribu belum kembali, beruntung libur sekolah kali ini sampai tanggal 27 Juli sehingga konsentrasi pemudik dapat terpecah, meski harus memakan waktu lebih lama.

Sedangkan pada hari  diperkirakan sebanyak 10 ribu hingga 20 ribu unit kendraan roda 4 bakal disebrangkan ke pulau Jawa. * ( Win )*





0 Komentar untuk "Arus Balik Lebaran, Penumpang Pejalan Kaki Membludak"

Back To Top