Batalkah Puasa Jika Mencicipi Makanan - Barometer Lampung

Terdepan dalam informasi

Powered by Blogger.

Batalkah Puasa Jika Mencicipi Makanan

Batalkah Puasa Jika Mencicipi Masakan?LAMPUNG - Agar masakan yang dimasak terasa enak dan nikmat, biasanya para ibu-ibu selalu mencicipi rasanya sebelum dihidangkan. Memasak saat sedang puasa terkadang menyulitkan. Ragu apakah kita boleh mencicipinya apa tidak? Apakah mencicipi masakan bisa membatalkan puasa? 

Dosen IAIN Antasari Banjarmasin, Hj Masyithah Umar menjelaskan bahwa ada beberapa pendapat fuqaha mengenai hukum mencicipi masakan saat berpuasa. Berikut penjelasan dari masing-masing pendapat fuqaha yang diungkapkan oleh Hj Masyithah Umar:

1. Pendapat Syafi’iyah
Menurut pendapat ini, mencicipi masakan demi menghidangkan makanan yang enak hukumnya boleh. Namun, saat mencicipi tidak boleh ditelan, harus diludahkan kembali.
Jika sampai tertelan atau bahkan sampai terasa kenyang, maka puasanya batal dan harus puasa lagi di lain hari di luar Ramadan.

2. Golongan Malikiyah
Golongan Malikiyah berpendapat bahwa mencicipi masakan saat berpuasa hukumnya boleh. Namun, apabila masakan tersebut masuk ke perut walau tidak disengaja, maka puasanya batal dan harus mengqada (puasa lagi di lain hari di luar Ramadan).

3. Golongan Hanabillah
Menurut golongan ini, mencicipi masakan saat berpuasa hukumnya makruh apabila tidak diperlukan.

4. Golongan Hanafiyah
Golongan Hanafiyah berpendapat bahwa mencicipi masakan saat berpuasa hukumnya makruh, kecuali untuk juru masak.
Itu artinya, orang yang berprofesi sebagai koki (untuk hidangan orang lain) masih diperbolehkan mencicipi masakan.

Ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa mencicipi makanan diperbolehkan bagi perempuan dan koki. Namun perlu diperhatikan, mencicipi makanan hanya sebatas ujung lidah saja dan tidak boleh ditelan (hanya untuk mengetahui rasanya), setelah itu diludahkan kembali. Jika makanan tersebut sampai tertelan, maka batallah puasanya, dan harus menggantinya di hari yang lain.
0 Komentar untuk "Batalkah Puasa Jika Mencicipi Makanan"

Back To Top