Resmikan Gedung UPK PNPM Sidomulyo. Rycko Harapkan Meningkatkan Pelayanan Masyarakat - Barometer Lampung

Terdepan dalam informasi

Powered by Blogger.

Resmikan Gedung UPK PNPM Sidomulyo. Rycko Harapkan Meningkatkan Pelayanan Masyarakat


Lampung Selatan-Lampung. Dengan menggunakan anggaran surplus tahun 2014, Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Mandiri Pedesaan (PNPM) Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan miliki gedung baru. Bupati Lampung Selatan, Rycko Menoza SZP dalam kesempatan itu secara langsung resmikan bangunan megah 2 lantai tersebut.

Rycko dalam acara itu mengatakan, keberadaan UPK sebagai lembaga pemberi pinjaman sangat membantu masyarakat khususnya kelompok usaha. Sehingga usaha yang selama ini dikelola oleh para perempuan, semakin lama semakin berkembang dan dapat membantu ekonomi keluarga.

“Kami sangat mendukung sekali peningkatan ekonomi masyarakat dengan adanya SPP ini. Apalagi sekarang sudah ada gedung yang sangat megah, tentunya ini akan memberikan pelayanan yang semakin maksimal. Harapan saya, bantulah kelompok usaha kecil untuk lebih bergairah lagi dan maju dalam usahanya,” kata Rycko, Selasa (4/8).

Sementara itu, Ketua Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Kecamatan Sidomulyo, Muksin mengaku, bangunan dua lantai dibangun dalam waktu tiga bulan dan merupakan bangunan tahap pertama. Untuk selanjutnya akan dibangun bagian belakang gedung.

“Proses pembangunan gedung dimulai dari hasil Musyawarah Antar Desa (MAD) 2012 dan baru bisa direalisasikan tahun 2015. Terlaksananya pembangunan gedung ini berkat peran Pemerintah Daerah khususnya dukungan dari Bapak Bupati Lampung Selatan, bapak Rycko Menoza” ujar Muksin.

Hingga kini, lanjut Muksin total dana yang dikelola UPK PNPM Kecamatan Sidomulyo dari dana pemerintah hingga tahun 2014 sebesar 3,4 miliar. Total pendapatan sampai dengan tahun 2014 sebesar Rp 5,3 miliar, dengan total biaya operasional Rp 1,3 miliar dan surplus Rp 3,9 miliar lebih.

“Peran UPK PNPM Sidomulyo dalam melayani pinjaman, sangat membantu masyarakat khususnya kelompok simpan pinjam perempuan (SPP).Bahkan dari beberapa kelompok SPP, membentuk koperasi yang telah berbadan hukum. Sehingga tingkat perekonomian masyarakat di Kecamatan Sidomulyo, semakin baik,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua UPK PNPM Sidomulyo, Iwan berharap pemerintah daerah mendorong dan mendampingi pemeliharaan aset. “Semoga pemerintah bisa mengeluarkan peraturan daerah mengenai pemeliharaan aset mengenai PNPM Sidomulyo,” kata dia. (Win).

0 Komentar untuk "Resmikan Gedung UPK PNPM Sidomulyo. Rycko Harapkan Meningkatkan Pelayanan Masyarakat"

Back To Top